Assalamualaikum Wr Wb seamat datang di blog sederhana saya mudah-mudahan blog kecil ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kita semua

Microsoft SQL Server 2000


PROGRAM APLIKASI

Software Database Pendidikan Menggunakan SQL Server


A. DATABASE SERVER

Program aplikasi database pendidikan ini terdiri dari 3 (buah) program. Masing-masing program akan dijelaskan satu persatu seperti di bawah ini. Sebelum masuk ke dalam program sebaiknya kita menginstalasi database terlebih dahulu. Database ini fungsinya untuk menyimpan data-data yang diinput melalui program ataupun melalui export/import data, baik melalui excel, acces, notepad dan lain-lain.

Berikut langkah-langkah untuk menginstalasi database SQL Server :

1.      Masukan CD yang beris program ke CD/DVD Drive pada komputer
2.      Double klik pada folder ‘DATA BASE PENDIDIKAN’
3.      Double klik lagi untuk folder ‘SQL 2000 (Developer Edition)’
4.      Cari File ‘autorun.exe’
5.      Double klik untuk memulai instalasi database.
6.      Kemudian akan muncul form wizard seperti terlihat pada gambar di bawah ini :





.
 














Gambar Tampilan Awal Instalasi Database

7.      Klik pada ‘SQL Server 2000 Components’
8.      Kemudian klik ‘Instal Database Server’.





9.      Akan tampil Welcom wizard instalasi Database seperti yang terlihat pada gambar, Klik next untuk melanjutkan.




















Gambar Tampilan Welcome wizard Instalasi Database

10.  Pilih ‘Local Computer’ kemudian klik tombol Next
11.  Pilih ‘New instance..’ ( Radio button paling atas ), kemudian klik tombol Next
12.  Isi Nama dan Company terserah dengan keinginan anda, kemudian klik tombol Next Lagi
13.  Pilih ‘Yes’ Untuk konfirmasi setuju dengan ‘agreement, kemudian klik tombol Next
14.  Pilih ‘Server and client Tools’ ( Radio button bagian tengah )
15.  Tekan Next
16.  Biarkan tanda centang ( default ), kemdian tekan Next lagi
17.  Akan Muncul Form Setup Type, Pilih ‘Typical’, lalu Next.


















Gambar Tampilan Setup Instalasi Database
18. Pilih ‘Use the same…’ ( Radio button paling atas ) dan ‘Use the Local….’ Kemudian next lagi





















Gambar Tampilan Service Instalasi Database

19.  Pada Form berikutnya pilih ‘Windows Authenti….’, kemudian tekan Next

 





















Gambar Tampilan Authentication Instalasi Database

20.  Kemudian tekan next lagi untuk memulai proses Peng ‘Copy’ an file dari File setup ke Hard Disk (Komputer/PC) Anda.
21.  Apabila tampil halaman seperti di bawah ini, berarti penginstalan Database telah berhasil. Klik Finish untuk mengakhiri Tampilan Instalasi Setup Database.






















Gambar Tampilan Akhir Instalasi Database

Setelah instalasi Database selesai berarti Anda sekarang sudah dapat menginstal Program Aplikasi.
Dalam Database Jenis Client Server seperti Microsoft SQL Server Pemasangan Database dilakukan berbeda dengan database jenis stand alone (Database dapat berjalan sendiri tanpa penginstalan database terlebih dahulu).




Catatan  # Sebaiknya sebelum atau Setelah Selesai Menginstal Database SQL Server , terlebih Dahulu  .. Komputer Di Restart Untuk Menghindari Kesalahan Instalasi.
               # Attach        : Menghubungkan Antara Database dengan Program Aplikasi













B. PROGRAM APLIKASI


Berikut langkah-langkah untuk menginstalasi Program Aplikasi :

Dalam instalasi program, masuk ke folder ‘DATA BASE PENDIDIKAN’ cari dan doble klik pada file setup.exe.
Lakukan sesuai dengan mengikuti petunjuk wizard instalasi program dengan menekan tombol Next hingga Finish.
Untuk masuk ke dalam program aplikasi maka terlebih dahulu cari file ‘Program Aplikasi..’ di Desktop(halaman muka) komputer/PC.
Klik 2 (dua) kali pada file tersebut, maka akan muncul form pilihan dari ketiga program. Pilih Program yang anda kehendaki, kemudain masukan nama dan password ‘Admin’(Default).

Adapun untuk Setiap Attach Program Aplikasi Ke Database SQL Server.
1.      Bukalah Database Server.
Ø      Klik Start
Ø      All Program File.
Ø      Microsoft SQL Server
Ø      Enterprise Manager
Ø      Kembangkan File dengan klik tanda plus (+) pada bagian kiri atas hingga muncul File ‘Database’.
Ø      Klik Kanan Pada Database
Ø      Pilih All Task
Ø      Attach Database…
Ø      Kemudian Cari File Bernama ‘DB_Program_Aplikasi_Erlangga_Data.MDF’  Di alamat :    ‘C:\Program Files\Program Aplikasi\Database\DB_Program_Aplikasi_Erlangga_Data. MDF ’
Ø      Setelah itu klik Ok.
Ø      Program Telah Siap Untuk DiGunakan











: Tombol ini untuk melihat baris (rows) awal dari data yang ada di dalam database.

: Tombol ini untuk melihat baris (rows) sebelumnya dari data yang ada di dalam database.

: Tombol ini untuk melihat baris (rows) selanjutnya dari data yang ada di dalam database.

: Tombol ini untuk melihat baris (rows) akhir dari data yang ada di dalam database.

: Tombol ini untuk menambah data.

: Tombol ini untuk mengubah data

: Tombol ini untuk menyimpan data baik dari penambahan atau pengubahan data.

: Tombol ini untuk membatalkan penambahan data dan data tidak akan di simpan di database.

: Tombol ini untuk merefresh/memperbarui data.
 






           




         




         
         










Setiap form dalam aplikasi ini terdapat Pencarian data untuk mempermudah User dalam menemukan data yang dikehendaki.
Caranya adalah dengan mengklik Tab(Kolom) ‘Tampilan Grid’.
Dan sebelum memasukan ‘Nama Data yang akan di Cari’, terlebih dahulu membuat kriteria pencarian dengan mengklik kanan pada Tempat Pencarian baru kemudian ketik dan tekan Enter.


A.     Aplikasi Ritel

Form Data Barang :
Form ini digunakan untuk pengisian data barang.
Buka Menubar ‘File-Data | Barang’, maka akan keluar tampilan sbb :





















Tambah Data
a.       Klik Tambah
b.      Masukkan Kode Barang
c.       Tekan ENTER dan lanjutkan pengisian
d.      Klik Simpan untuk menyimpan data
e.       Batal Untuk membatalkan penyimpanan (Sebelum Data Tersimpan)
 Edit Data
a.       Tekan Ubah
b.      Edit Nama, Jenis, dll
c.       Klik Simpan untuk menyimpan data
d.      Batal Untuk membatalkan penyimpanan
 Hapus Data
a.       Klik Hapus Untuk menghapus data yang sudah tersimpan.
b.      Jika Keluar Konfirmasi [Yes],[No] Pilih Yes untuk melanjutkan penghapusan data barang
 Pencarian Data
a.       Klik Tab Tampilan Grid/Lihat Daftar untuk melihat semua data barang
b.      Pilih Jenis Pencarian dengan klik kanan mouse pada kotak pencarian Barang.
c.       Pilih keyword pencarian dan isilah data yang akan  di cari.

 Konfigurasi : Klik / centang Pada ‘Lihat/Sembunyi Settingan
 Atur sesuai yang diinginkan,untuk mengaktifkan/non Nomor Otomatis dan Record Baru :
a.       Checkbox No Otomatis untuk mengaktifkan autonumber data supplier
b.      Checkbox Record baru.. untuk mengaktifkan data Tambah setelah penyimpanan data, sehingga tidak perlu klik tombol Tambah lagi untuk melanjutkan input data
  
Catatan : Jika data sudah banyak  dan user memilih auto diaktifkan, maka kemungkinan input data  jadi agak lama

Form Data Pelanggan :
Form ini digunakan untuk pengisian data pelanggan jika diperlukan pada saat transaksi penjualan barang, langkah sbb:
Buka Menubar File-Data Pelanggan, maka akan keluar form seperti pada gambar di bawah :


 Tambah Data Pelanggan
a.       Klik Tambah
b.      Masukkan kode pelanggan
c.       Tekan ENTER dan lanjutkan pengisian
d.      Tekan SIMPAN
e.       Batal untuk membatalkan penyimpanan

Edit Data Pelanggan
a.       Klik Ubah
b.      Edit Nama, alamat dll
c.       Tekan SIMPAN
d.      Batal untuk membatalkan penyimpanan

Hapus Data

a.       Tekan Hapus

Melihat Data Pelanggan
a.       Klik Tampilan Grid untuk melihat data pelanggan secara keseluruhan



Form Data Supplier :
Form ini digunakan untuk pengisian data supplier, langkah sbb:
Buka Menubar File-Data Supplier maka akan keluar form sbb:


Tambah Data
a.       Klik Tambah
b.      Masukkan kode Tambah
c.       Tekan ENTER dan lanjutkan pengisian
d.      Tekan Simpan
e.       Batal untuk membatalkan penyimpanan

 Edit Data
a.       Klik Ubah
b.      Edit Nama, alamat, dll
c.       Tekan Simpan
d.      Batal untuk membatalkan penyimpanan

 Hapus Data
a.       Tekan Hapus
b.      Jika Keluar Konfirmasi [Yes],[No] Pilih Yes untuk melanjutkan

Simpan Data
a.       Tekan Hapus
b.      Jika Keluar Konfirmasi [Yes],[No] Pilih Yes untuk melanjutkan

Secara otomatis bila kursor berada pada kolom terakhir, maka bila di tekan Enter otomatis akan muncul konfirmasi tanya, apakah data akan di simpan atau tidak.

 Pencarian Data
a.       Klik Tab Tampilan Grid/Lihat Daftar untuk melihat semua data supplier
b.      Klik kanan mouse untuk mencari kriteria pencarian dan masukkan keyword pencarian pada kotak pencarian, maka system secara otomatis akan  menampilkan hasil pencarian.


Form Transaksi Penjualan :
Form ini diguanakan untuk melakukan transaksi penjualan barang kepada pelanggan, dengan membuka Menubar Transaksi – Penjualan Barang, maka akan keluar form sbb:


 Nomor Faktur Tambah / Penjualan Tambah
a.      Pilih Nama Pelanggan dengan Mengklik combo yang tersedia.
b.      Isikan Catatan Jika Diperlukan
c.       Isikan Jenis Pembayaran (Cash, 1 Bulan,  2 Bulan, 3 Bulan).
d.      Jika Cash tidak memerlukan data pelanggan(Tidak Ada Piutang), jika pembayaran bukan cash memerlukan data pelanggan (Piutang Kepada Pelanggan).
e.       Pindahkan Cursor Ke Grid Penjualan Barang, Posisikan pada kolom pertama baris pertama
f.        Isikan Kode Barang dan tekan Enter, program otomatis mencari nama,jenis dan harga penjualan
g.       Jika lupa kode barang maka dapat dengan menekan ENTER pada kolom pertama atau F3, Cari barang berdasarkan opsi yang disediakan
h.       Isikan Quantity atau jumlah yang akan dijual kepada pelanggan
i.         Tekan Tombol Keyboard Panah Bawah untuk melanjutkan
j.        Tekan tombol batal untuk membatalkan penyimpanan

Edit No Faktur
a.       tekan tombol Refresh
b.      Keyboard CTRL+E atau tombol Ubah untuk Edit Transaksi
c.       Edit data header ataupun item yang dijual
d.      Tekan CTRL+S untuk menyimpan, masukkan nilai jumlah uang pelanggan, komputer akan secara otomatis menghitung jumlah kembalian
e.       Tekan ESC untuk membatalkan penyimpanan 
Keluar Dari Form Penjualan
a.       Keyboard ALT – F4 
Mencetak Nota Penjualan
a.       Tekan F3 Untuk Mencetak Data
  
Transaksi Pemesanan Barang :
Program ini menghitung secara otomatis stok yang tersedia saat ini, jika penjualan barang maka stok akan berkurang secara otomatis, penjualan barang tidak bisa berlangsung jika stok sudah habis. Maka dari itu anda harus memesan lagi stok barang yang sudah habis. Dengan membuka menubar Transaksi-Pemesanan Barang maka akan keluar form sbb:

Form ini digunakan untuk melakukan pemesanan barang ke supplier sehingga stok barang yang anda punya akan tetap tersedia, langkah sbb:
a.       Masukan Keterangan untuk catatan / pengingat kejadian jika diperlukan
b.      Masukkan kode supplier tempat anda melakukan pemesanan barang
c.       Metode pembayaran
d.      Cash : Jika Pembayaran Langsung Lunas (Tidak Ada Hutang)
e.       1 Minggu : Pelunasan Pembayaran Plg Lambat 1 Minggu begitu juga untuk seterusnya.
f.        Masukkan Item barang yang akan dipesan dengan cara memindahakn cursor ke dalam grid pada kolom pertama baris pertama
g.       Ketikkan kode barang , apabila kode barang tidak ada maka otomatis akan muncul form barang dengan menekan tombol ENTER..
h.       Klik Simpan untuk menyimpan data dan Batal untuk membatalkan transaksi.

Transaksi Pembayaran Piutang :
Form ini digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran Piutang
/kredit kepada pelanggan karena transaksi penjualan barang bukan Cash/Lunas. Buka Menubar Transaksi Pembayaran Piutang maka akan keluar form sbb:


Membayar Piutang
a.       Pilih Piutang Yang Belum Lunas
b.      Klik kanan mouse pada Grid Piutang untuk melakukan pembayaran cicilan
c.       Masukkan Cicilan jumlah Piutang pada input jumlah sebelah kanan
d.      Masukkan keterangan jika diperlukan
e.       Tekan ENTER untuk menyimpan data

Transaksi Pengeluaran Operasioanal :
Form ini digunakan untuk menyimpan pengeluaran pada toko yang bersangkutan, dengan membuka menubar Transaksi-Pengeluaran maka akan keluar form sbb :



 















Input Data Tambah
a.      Klik Tambah
b.      Masukkan Jumlah pengeluaran
c.       Isikan keterangan jika diperlukan
d.      Klik Simpan
e.       Batal untuk membatalkan

Edit Data
a.       Tentukan data yang akan di edit pada grid pengeluaran-        
b.      Edit Data
c.       Klik Simpan
d.      Batal untuk membatalkan.


Pengaturan Identitas Nama Toko :
Form ini digunakan mengatur Identitas Nama Toko yang berfungsi untuk menampilkan nama toko di laporan atau nota transaksi, dengan membuka menubar Settting-Identitas Toko maka akan keluar form sbb :


Mengganti Background Aplikasi
Form ini untuk mengganti background aplikasi, dengan membuka menubar setting-background-ganti background maka akan keluar form sbb:


Pilih file gambar yang akan dijadikan sebagai background aplikasi, klik Open.
Mengganti Background Aplikasi
Jika anda bosan dengan tampilan form yang itu – itu aja, anda bisa mengganti dengan membuka menubar setting-skin maka akan keluar form sbb :


Pilih Skin yang diinginkan Klik Open. Secara otomatis tampilan form akan berubah.


Pemeliharaan Database.
Untuk menjaga database disediakan fitur untuk memelihara database, jadi seandainya suatu saat komputer yang digunakan error , di format, install ulang atau dimasuki otomatis aplikasi diinstall ulang dan semua data kosong, ini tidak akan terjadi jika anda melakukan backup beberap bulan sekali. Karena database bisa dibuka kembali dengan fasilitas ini, adapun fitur yang disediakan :
  1. Backup Database
Menyimpan Database di folder tertentu.
  1. Clear Database
Mengosongkan Database dan memulai database Tambah, harap berhati – hati menggunakan fitur ini, disarankan sebelum clear database harap di backup dulu database lama.

Catatan : Backup database berupa direktory dengan nama database

Mengganti Password User
Aplikasi ini dilengkapi dengan password yang bertujuan untuk menjaga keamanan data. Password bisa di ganti oleh user yang bersangkutan dengan membuka menubar File-Ganti Password. Maka Program akan berganti user.
  
Level Akses User
Administrator adalah orang yang bertanggung jawab pada toko yang bersangkutan yang membawahi beberapa operator (user), nahh disini peran administrator sangat diperlukan untuk mengatur hak akses yang akan diberikan kepada user yang berbeda – beda sesuai dengan wewenangnya masing – masing. Dengan membuka menubar File-Level Akses User maka akan keluar form sbb :


Pilih user yang akan diganti aksesnya terhadap pemakaian program pada combobox, dengan mengklik tombol ‘Awal’,‘Sebelum’,’Selanjutnya’,’Akhir’.

Konfigurasi akses user
a.       Tekan INSERT (+) dahulu.
b.      Masukan Nama, Password, dan Level User.
c.       Kemudian tentukan menu – menu yang boleh di akses oleh user tersebut dengan mengklik checkbox pada masing – masing menu.
d.      Aktifkan/nonaktifkan.
e.      Klik SAVE (√)

Menghapus User
a.       Pilih Operator
b.      Klik Delete User (-)
c.       Maka keluar konfirmasi [YES],[NO] tekan yes untuk melanjutkan penghapusan user.

View Stok Inventory
Form ini digunakan untuk melihat keadaan stok barang saat ini.

Daftar Barang yang sering terjual
Form ini digunakan untuk melihat barang yang sering terjual, dengan membuka menubar View Data-Barang Yang Sering Terjual

Daftar Barang yang tidak pernah terjual
Form ini digunakan untuk melihat barang yang sering terjual dengan membuka menubar View Data-Barang Yang Tidak Pernah Terjual

History Pemakaian Program
Form ini digunakan untuk merekam apa – apa saja transaksi yang terjadi pada hari ini, sehingga Staf bisa mengcek kapan detail transaksi pada hari ini, dengan membuka menubar :
View Data-History

Keuangan Operator Saat Ini
Form ini digunakan untuk melihat keuangan operator baik itu penjualan, pemesanan, kas awal, pengeluaran. Dengan membuka menubar View Data – Kas Operator Saat Ini

Laporan Invoice
Form ini digunakan untuk mencetak laporan Pelanggan, Penjualan, Pengeluaran,

Laporan Penjualan Barang
Form ini digunakan untuk mencetak laporan Penjualan Barang, langkah sbb:
-         Buka menubar Laporan – Rekapitulasi Penjualan Barang

Laporan Daftar Pembelian Pelanggan
Form ini digunakan untuk mencetak Daftar Barang yang pernah dibeli oleh pelanggan, langkah sbb:
-         Buka Menubar Laporan – Daftar Pembelian Pelanggan – Daftar Stok yang terjual


Begitu juga untuk laporan yang lainnya bisa dilihat dan dipelajari sendiri.

Cara Mengcopy file data Barang dari excel ke aplikasi sebagai berikut :
2.      Buatlah Tabel data .
Ø      Buat dahulu field/kolom-kolom dari data tabel di excel.
Ø      Isi data sesuai dengan yang dikehendaki.
Ø      ‘Format penulisan’ nama table Yang Ada Di Excel  Tidak Boleh Dirubah,
Ø      Khusus untuk field image harap di kosongi karena ‘format field’ antara excel dan SQL Server tidak sama, apabila dipaksakan akan terjadi error data.
Ø      Apabila Telah Di isi baru kemudian disimpan
Ø      Apabila muncul  Overwrite Pilih Yes.
3.      Bukalah Database Server.
Ø      Klik Start
Ø      All Program File.
Ø      Microsoft SQL Server
Ø      Enterprise Manager
4.      Setelah masuk ke Database
Ø      Kembangkan File dengan klik tanda plus (+) pada bagian kiri atas hingga muncul File ‘Database’.




















Ø      Tools
Ø      Pilih Menu Data Tranformation Services
Ø      Pilih Import Data..
Ø      Setelah Muncul Form Dialog Tekan Next


Ø      Pada ‘Choose a Data Source
>> Pilih Microsoft Excel 97-2000
>> Pada ‘File Name’ Cari File Excel Yang Telah ada data Tadi


Ø      Tekan Next
Ø      Pada ‘Choose a Destination’
>>Pada ‘Database’ Pilih  : DB_Program_Aplikasi_Erlangga
>> Klik Refresh


Ø      Pilih ‘Copy…’ kemudian Tekan Next


Ø      Pada Kolom
1.      Source          : Pilih nama ‘DataBarang$, ini merupakan nama data yang ada dalam excel
2.      Destination    : Pilih Tabel Yang Akan Jadi Tujuan Import Data
>>Misal : ‘[DB_Program_Aplikas_Erlangga][TB_Barang]’


Ø      Tekan Next
Ø      Tekan Next Lagi


Ø      Tekan Finish


Ø      Apabila sukses maka data telah tersimpan di tabel siswa pada database program aplikasi.
Ø      Akhiri Dialog Wizard Dengan ‘Done’


B.     Aplikasi Perpustakaan

Form Data Buku
Form ini digunakan untuk pengisian data buku, langkah sbb:
-         Buka Form di Menubar File – Buku
-         Tampilkan form untuk pengisian data buku
-         Tampilkan Grid untuk melihat keseluruhan buku
-         Klik Tambah untuk menambah  buku baru
-         Isikan Kode Buku, Tekan ENTER untuk melanjutkan
-         Tekan Simpan untuk menyimpan data, Batal untuk membatalkan, Hapus untuk menghapus data, Ubah untuk mengUbah data.
















Form Data Peminjam
Form ini digunakan untuk pengisian data peminjam, langkah sbb:
-         Buka Form di Menubar File – Peminjam
-         Tampilkan form untuk pengisian data peminjam
-         Tampilkan Grid untuk melihat keseluruhan peminjam
-         Klik TAMBAH untuk menambah  buku peminjam
-         Isikan Kode Buku, Tekan ENTER untuk melanjutkan
-         Tekan SAVE untuk menyimpan data, Batal untuk membatalkan, Hapus untuk menghapus data, Ubah untuk mengUbah data.

















Konfigurasi Nama Perpustakaan
-         Form ini digunakan untuk mengkonfigurasi nama perpustakaan dan lama peminjaman dengan menekan tombol edit terlebh dahulu
-         Isikan lama, denda, nama, alamat
-         Tekan Ok untuk menyimpan


Password
-         Form ini digunakan untuk mengganti/menambah password user/pemakai system
-         Tekan ADD NEW kemudian isikan nama dan passwor
-         Tekan INSERT (+) Untuk menambah level user akses
-         Tekan SIMPAN (√) Untuk menyimpan.


Transaksi Peminjaman Buku
Form ini digunakan untuk melakukan transaksi peminjaman.
-         Buka Menubar Transaksi – Peminjaman Buku
-         Pilih Tombol Kecil Disebelah kanan Kode Peminjam, nama, alamat peminjam untuk melakukan pencarian peminjam
-         Isikan Keterangan jika diperlukan
-         Klik Kanan di Datagrid, kemudian klik kanan dan pilih telusur untuk mencari kode buku yang akan dipinjam, system akan secara otomatis mencari jika kode buku yang dimasukkan terdaftar di dalam data buku.
-         Masukkan Quantity peminjaman pada kolom terakhir
-         Pilh Simpan Untuk Menyimpan File dan Batal Untuk membatalkan dengan mengklik kanan mouse.
-         Ubah Faktur Untuk melakukan perubahan transaksi peminjaman yang sudah tersimpan

Batalkan Pengembalian.
Apabila buku tidak jadi di pinjam, maka user dapat membatalkan peminjaman,
Adapun untuk membatalkan adalah dengan cara klik kanan mouse pada Kolom datagrid (Tabel Data).


Transaksi Pengembalian Buku
Form ini digunakan untuk melakukan transaksi pengembalian buku.
-         Buka Menubar Transaksi – Pengembalian Buku
-         Tekan Tombol [...]untuk memilih no faktur yang akan dikembalikan
-         Klik Kanan pada item/grid peminjaman buku dan pilih Kembalikan untuk mengembalikan.




Laporan-laporan
Laporan-laporan terdiri dari :
  1. Laporan Data Buku
  2. Laporan Data Peminjam Buku
  3. Laporan Peminjaman Buku berdasarkan nomor faktur
  4. Laporan Peminjaman Buku berdasarkan kode dari peminjam
  5. Laporan Buku yang di pinjam


Mengganti Tampilan/Skin
Jika anda bosan dengan tampilan program, anda bisa mengganti tampilan dengan membuka Konfigurasi – Skin, kemudian silahkan pilih skin yang telah disediakan di C:\Program Files\Program Aplikasi\Themes. Klik OK maka tampilan program akan berubah.



Mengganti Background
Background/Latar Belakang bisa diganti dengan membuka menubar Konfigurasi – Ganti Background .

Keluar Dari Program
Untuk Keluar dari program. Dengan membuka menubar File – Keluar


C.     Aplikasi Ketata Usahaan

  1. Klik Double File  Program Aplikasi
Kemudian Akan Muncul Gambar berikut :                                       




                                                                                                                    




  1. Isilah Pasword
 Jenis                          : Ketata Usahaan
             Nama                         : Admin
             Kata Kunci                : Admin

  1. Menu Utama




















                                                                                                                           


Didalam Menu Utama terdapat 5 pilihan, Diantaranya yaitu :
a.       Input Data / Kode ( berfungsi untuk membuka form pengisian kode dan pengoprasian aplikasi)
b.      Tampilan Laporan ( Berfungsi untuk menampilkan form report atau laporan / informasi )
c.       Setting ( Berfungsi untuk mengatur tampilan form program )


Didalam Form Input Data / Kode terdapat beberapa menu, diantaranya Input kode/Data ( Berfungsi untuk memasukan kode dari berbagai jenis data )
Dalam kelompok ini ada beberapa pilihan untuk memasukan kode yaitu :
a.      Biodata Siswa Baru  (berfungsi untuk masuk aplikasi pengisian biodata siswa baru)
Form ini merupakan form pendaftaran siswa baru, sebelum muncul form ini akan muncul konfirmasi pengaturan data, seperti jumlah siswa yang akan diterima dan untuk mencetak data siswa baru ini, masukan data nilai terendah dari data yang telah masuk ke database.



















                                                                                                                      

b.      Biodata Siswa  (berfungsi untuk masuk aplikasi pengisian biodata siswa)
                                                         
















Pengisian data di setiap form, adalah hampir sama antara menambah, mengubah, menghapus, menyimpan data, dan lain sebagainya.

c.       Kode Biodata Guru (berfungsi untuk masuk apilkasi pengisian biodata guru)


d.      Kode Tanggungan / Pembayaran











a.       Tata Cara Pembuatan Kode Tanggungan Sebagaimana contoh gambar diatas terdiri dati 2 Inisial yaitu EKS-2008 yang mengandung arti Ektrakurikuler dan Tahun 2008
b.      Jenis Tanggungan dan Tahun pendapatan diisi  dari penterjemahan 2 inisial pada KODE TANGGUNGAN
c.       BIAYA : Merupakan jumlah beban / tanggungan secara akumulatif selama 1 tahun


e.      Kode Kelas                       
a.       KODE KELAS
Buatlah Kode Kelas Sebagaimana contoh pada gambar diatas, pembuatan kode kelas terdiri dari 3 inisial, yaitu (ROMAWI, ALFABET, DAN TAHUN).
Contoh : “VII-A-08”  Artinya  Kelas 7-A Tahun Pelajaran 2008
b.      KETERANGAN
Keterangan merupakan penterjemahan dari Angka Romawi sebagaimana terdapat pada kode Kelas atau dengan bisa dikatakan sebuah “Group”
Contoh : VII-A-08    Artinya : 7
c.       WALI KELAS
Wali Kelas di isi dan diambil dari data guru yang sebelumnya telah terisi pada form biodata guru
d.      TAHUN PELAJARAN
Merupakan penterjemahan dari kode kelas.
Contoh : VII-A-08    Artinya Tahun 2008















                                                                                                                 


d.      Kode Mata Pelajaran
Pengisian kode dialamatkan per satu kelas sebagaimana contoh di bawah ini :













a.       KODE MATA PELAJARAN
b.      Pembuatan Kode Mata Pelajaran seperti contoh diatas.
c.       Contoh :
d.      BIND1-1A-08  Artinya  : Bahasa Indonesia, Semester Satu, Kelas 1A, Tahun Pelajaran 2008
e.       BIND1-1A-08       : Bahasa Indonesia
f.        BIND1-1A-08       : Semester Satu
g.       BIND1-1A-08       : Kelas 1A
h.       BIND1-1A-08       : Tahun Pelajaran 2008
i.         MATA PELAJARAN
j.        Merupakan penterjemahan dari Kode Mapel (BIND1-1A-08 “Bahasa Indonesia”)
k.      NAMA GURU
l.         Di Isi sesuai dengan guru pengampu masing-masing kelas dan bidang studynya.
m.     SEMESTER
n.       Merupakan penterjemahan dari Kode Mapel (BIND1-1A-08  “Semester Satu”)
o.      KELAS
p.      Merupakan penterjemahan dari Kode Mapel (BIND1-1A-08  “Kelas 1A”)


e.       Mengganti Dan Menambah Pasword
Klik Tombol ADD untuk menambah nama, kemudian klik Tombol Insert (Gambar +) Untuk menambah Hak Level User (Hak Akses).


                                                  
f.        INPUT KELULUSAN SISWA
Form ini berfungsi untuk Memasukan data siswa yang telah lulus ataupun yang belum lulus dengan mengklik kanan pada mouse.












g.       INPUT DATA GAJI
Form ini berguna untuk menginput data-data tentang gaji yang akan di berikan ke guru berdasarkan dari Golongan Guru.
Data gaji disini bersifat umum dan tidak mendetail, karena program ini memfokuskan pada Ketatausahaan Siswa.















h.       INPUT DATA GAJI
Form ini berguna untuk menginput gaji yang di diterma oleh guru setiap bulannya.
Catatan : Bulan dan Tahun otomatis akan muncul berdasarkan tanggal yang ada di komputer.











  1. Pengoperasian Aplikasi  ( Berfungsi menjalankan aplikasi )

Dalam kelompok ini ada beberapa pilihan untuk mengoperasikan aplikasi yaitu :
    1. Penilaian (berfungsi untuk masuk aplikasi pengisian nilai siswa)
Masukan kode mata pelajaran (harus sesuai dengan form pada kode maple). Secara otomatis nama guru akan muncul.
Masukan semua nomor induk siswa beserta nilai. Secara otomatis huruf akan muncul berdasarkan angka yang dimasukan.
Pada Kegiatan ekstrakulikuler masukan nama siswa atau boleh juga tidak diinput.






    1. Penjadwalan Guru (berfungsi untuk masuk apilkasi pengisian jadwal guru )











     

    1. Pembayaran (berfungsi untuk masuk aplikasi pembayaran / transaksi siswa )



















    1. Pengelompokan Kelas (berfungsi untuk masuk apilkasi pengelompokan kelas)














    1. Laporan (berfungsi untuk masuk apilkasi laporan )


Form laporan terdiri dari :
1.      Mencari Informasi Absensi Kelas Tertentu
2.      Mencari Informasi Data Guru Secara Keseluruhan
3.      Mencari Informasi Data Guru Secara Berkelompok
4.      Mencari Informasi Data Kelas  Beserta Wali Kelas
5.      Mencari Informasi Data Mata Pelajaran Yang Terdapat Dalam 1 Semester
6.      Mencari Informasi Data Mata Pelajaran Dari Semester 1 – 2 Dan Kelas 1 – 3.
7.      Mencari Informasi Data Siswa / Biodata Siswa
8.      Mencari  Data Siswa Baru / Mendaftar.
9.      Mencari Informasi Rekapitulasi Data Siswa Yang Beragama Tertentu
10.  Mencari Informasi Rekapitulasi Data Siswa Berdasarkan Tahun Mulai Sekolah”
11.  Mencari Informasi Rekapitulasi Data Siswa Yang Berumur Tertentu.
12.  Mencari Informasi Rekapitulasi Data Siswa Yang Telah Lulus.
13.  Mencari Informasi Rekapitulasi Jadwal Mengajar Guru Dalam 1 Minggu
14.  Mencari Informasi Jadwal Semua Guru Mengajar Pada Hari Tertentu
15.  Mencari Informasi Jadwal Untuk Ruangan tertentu
16.  Mencari Informasi Jadwal Guru Mengajar Menurut Spsifikasi Bidang Study Dan Hari Tertentu
17.  Mencari Informasi Nilai Tertinggi Dan Urutanya Khusus  Untuk 1 Mata Pelajaran Dalam 1 Kelas.
18.  Mencari Informasi Nilai Tertinggi Untuk Satu Mata Pelajaran Dengan Guru / Pengajar yang berbeda secara pararel
19.  Mencari informasi rekapitulasi nilai masing-masing mata pelajaran per siswa berikut rata-rata dalam satu kelas
20.  Mencari Informasi Nilai Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran Yang Telah Di Ambil Dalam Satu Semester
21.  Mencari Informasi Kondisi Pembayaran Yang Telah Dilakukan Oleh Siswa
22.  Mencari Informasi Rekapitulasi Pembayaran Siswa Dalam 1 Tahun
23.  Mencari Informasi Rekapitulasi Pembayaran Per (Persiswa, semua siswa,perbulan, semua bulan, per kode tanggungan).
24.  Pengelompokan Siswa yang mampu dan tidak mampu.
25.  Pembayaran per item
26.  Mencari Informasi Tentang Profile Lembaga Bimbingan Dan Pengembangan Diri Erlangga Purwokerto
27.  Memberikan Label Alamat Sekolah Dan Logo Sekolah
28.  Keluar Dari Form Aplikasi Laporan


    1. Keluar ( berfungsi untuk keluar dari form)
Untuk keluar dari aplikasi user dapat mengklik pada menu ‘File’ kemudian pilih ‘Keluar Aplikasi’











Apabila mengalami kesulitan mengenai program hubungi :
- 085726000123 (Afif Ali Husain)
- 081233485456 (Bpk. Joko Wadjidjatono)
- 081231024810 (Muhammad Iqbal )





Cara Instalasi Program Bel :

1.      Double Klik File ‘Setup-Bel’.
2.      Setelah itu akan muncul form wizard
3.      Ikuti perintah form wizard dengan menekan tombol next hingga finish


Cara Uninstal Program Bel :

1.      Double Klik icon Folder berwarna hijau pada desktop computer.
2.      Ketik kan ‘Admin’ kedalam nama dan password.
3.      Pilih tab Data Umum
4.      Klik pada tombol ‘Matikan’, maka akan muncul konfirmasi bahwa program ini akan dimatikan.
5.      Klik Ok
6.      Sekarang anda dapat meng uninstall program bel ini.


Anda dapat menambah, mengubah, atau menghapus file musik dengan format seperti mp3,wav ke dalam database dari program bel ini.
Program Bel ini berjalan selama 2 hari, setelah 2 hari maka program menjadi disable atau pemakai tidak dapat masuk untuk menghapus,menambah atau mengubah isi dari program ini. Anda di haruskan memasukan nomor serial agar dapat masuk ke program ini.
Anda dapat mendapatkan nomor serial ini dengan hanya mengikuti workshop database pendidikan yang diselenggarakan oleh LBB (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Diri) Erlangga Purwokerto.

Jalankan ‘Patch Bel Otomatis.exe’ dengan mengklik dua kali apabila setelah restart, Aplikasi Bel ini tidak dapat mengeluarkan suara.



















>>>>>>>>>>>>>>TERIMA KASIH<<<<<<<<<<<<<<<